Jumat, 17 Agustus 2012

Kisah Cangkir dan Piring Kecil

Sebuah cangkir berbicara kepada piring kecil tatakannya,
Aku tidak mengerti, mengapa kamu berbaring dibawahku. Orang-orang memakaiku untuk menampung air panas atau air dingin. Tetapi apa yang kamu lakukan? Kamu benar-benar tidak berguna!”
Tak lama kemudian, seseorang menuangkan air panas ke dalam cangkir dan menaruh cangkir itu diatas meja.
Seorang anak kecil mengulurkan tangan seenaknya, meraih cangkir itu untuk diminum airnya. Namun cangkir terlalu panas, sehingga anak itu berteriak kesakitan dan melepaskan cangkir itu dari tangannya. Cangkir itu jatuh ke lantai! Dan pecah berkeping-keping.
Sambil memandangi cangkir yang sudah pecah itu, piring kecil berkata dengan sedih,
Kalau tadi aku menopangmu, tangan anak itu tidak akan kepanasan dan ia takkan menjatuhkanmu.”
Tidak ada yang benar-benar hidup sendirian di dunia ini. Cangkir membutuhkan piring kecil untuk menopangnya seperti halnya Anda membutuhkan orang lain. Tanpa harus mencemooh satu sama lain, masing-masing mempunyai fungsi yang sangat penting. Bekerjasamalah!
Orang yang mencoba hidup sendiri tidak akan berhasil sebagai manusia. Hatinya layu jika tidak menjawab hati yang lain. Dan pikirannya menyusut jauh jika ia mendengar hanya gema pikirannya sendiri dan tidak menemukan inspirasi lain.
"Coming together is a beginning. Keeping together is progress. Working together is success" (Datang bersama adalah permulaan. Tetap bersama adalah kemajuan. Bekerja bersama adalah kesuksesan). ~ Henry Ford.
Sumber : Zoom Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar