Senin, 13 Agustus 2012

Cara Melindungi Komputer

Sangat penting untuk melindungi komputer Anda terhadap virus. Dengan informasi kartu kredit yang dipertukarkan secara online, data penting pada hard drive, email rahasia dalam account Anda, serta data pribadi yang ingin Anda jaga, virus secara harfiah adalah penyebab kekacauan.
Untuk melindungi komputer Anda terhadap virus, ikuti tips yang disebutkan di bawah ini :
1. Instal perangkat lunak antivirus
Pastikan Anda memiliki minimal satu perangkat lunak antivirus terpercaya yang diinstal. Anda dapat memilih dari software online gratis yang tersedia, atau bisa juga membelinya. Pastikan Anda sudah melihat review-nya, dan pastikan bahwa perangkat lunak tersebut belum kedaluwarsa.
2. Gunakan software anti-virus Anda
Hanya menginstal tidak akan bekerja optimal. Konfigurasikan agar bisa memindai sistem Anda secara berkala dan otomatis. Juga, gunakan opsi update otomatis sehingga versi yang lebih baru akan diinstal pada sistem Anda. Ini akan memastikan perlindungan terhadap virus baru.
3. Cerdaslah ketika berselancar online
Bila menemukan email yang mencurigakan (seperti yang menawarkan satu juta dolar) atau link yang tampaknya penipuan, jangan langsung meng-klik. Jika melibatkan transaksi, double cek dengan menghubungi pihak yang berwenang.
Aktifkan “https – secure browsing” di berbagai situs. Jika anti-virus Anda memperingatkan Anda tentang sebuah website, jangan dibuka.
4. Memindai media eksternal sebelum mengakses
Jangan pernah membuka USB Drive, harddisk eksternal, atau bahkan DVD sebelum menjalankan scan anti-virus. Karena virus bisa ditransfer melalui media tersebut.
5. Men-download security updates untuk sistem operasi Anda
Setiap sistem operasi merilis update keamanan secara berkala. Pastikan Anda mendownload dan menginstalnya.
6. Jangan melakukan transaksi seperti bertukar password online
Bahkan jika itu adalah dengan teman terbaik Anda, jangan pernah bertukar password atau informasi rahasia melalui email atau messenger. Jika benar-benar diperlukan, berkomunikasilah melalui telepon.
7. Scan yang Anda download
Anda tidak pernah dapat menjamin bahwa file yang baru saja Anda download membawa virus atau tidak. Jadi, scan download-an Anda sebelum menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar